Umum Ellis Uri  

Ketahui Produk yang Memerlukan SNI dan Pentingnya Membeli Produk SNI

Pemerintah berusaha melindungi konsumen dengan memberlakukan SNI. Sejak tahun 2014, SNI resmi diberlakukan dan harus dipatuhi oleh pelaku usaha terutama yang barangnya terdaftar sebagai wajib SNI. Apakah SNI itu? SNI atau Standar Nasional Indonesia merupakan tolak ukur suatu barang yang harus dipenuhi sebelum beredar di pasaran. Salah satu tujuan diberlakukannya SNI adalah untuk menaikkan kualitas berskala nasional serta melindungi konsumen dan lingkungan. Zaman sekarang bisa kita temukan banyak barang yang tidak jelas pembuatannya, keamanannya, bahan-bahan apa yang dipakai, dan dampaknya terhadap lingkungan. Agar kita tidak membeli barang yang masuk kategori tersebut, pastikan anda melihat logo SNI beserta nomornya tercantum dalam kemasan. Meskipun bergitu, pemerintah tidak mewajibkan semua barang harus lolos SNI. Berikut ini adalah produk yang harus lolos SNI sebelum dijual di pasaran.

Produk-Produk yang Harus Lolos SNI sebelum Dijual di Pasaran

  1. Ban

Seluruh ban yang beredar baik itu ban dalam, ban luar, ban kendaraan jenis apapun wajib memenuhi kriteria SNI. Hal ini bertujuan untuk memastikan ban aman dipakai terutama saat kondisi tertentu seperti jalanan licin, berlubang, dan lainnya. SNI ban diatur dalam keputusan mentri perindustrian nomor 27 M tahun 2013 setelag dilakukan perubahan pada peraturan mentri perindustrian nomor 11 M tahun 2012. Ban harus lolos SNI sebelum diedarkan.

  1. Air Minum dalam Kemasan

Mungkin selama ini anda tidak begitu memperdulikan air minum yang selama ini anda konsumsi. Padahal hal tersebut sangat penting karena bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. SNI air minum dalam kemasan diatur dalam peraturan mentri no 49 M tahun 2012. Beberapa dari anda bertanya-tanya mengapa bukan BPOM yang mengatur peredaran air minum dalam kemasan? Jawabannya baik SNI dan BPOM sama-sama mengatur peredaran air minum dalam kemasan. Hanya saja BPOM menguji isi kemasan yakni air minum, sedangkan SNI menguji kemasan air yang digunakan. Kedua hal ini saling berkaitan karena jika salah satu tidak sesuai standar maka akan mencemari satu sama lain dan memberi dampak buruk bagi kesehatan.

  1. Peralatan Makan

Peralatan makan juga diatur oleh SNI. Karena jika menggunakan bahan yang tidak sesuai standar, peralatan makan bisa menjadi barang yang bersifat karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yang memiliki potensi untuk mengaktifkan sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, anda patut curiga jika ada peralatan makan yang sangat murah meskipun bentuknya terlihat bagus. Bentuk bagus tidak menjamin peralatan tersebut aman digunakan. Carilah logo SNI beserta nomornya, jika tidak ada besar kemungkinan peralatan makan itu menggunakan bahan berbahaya. Sebaiknya anda menggunakan peralatan makan dan memasak yang sudah memiliki logo SNI.

Pentingnya Kesadaran Membeli Barang SNI

Pemerintah telah memfasilitasi rakyatnya untuk memilih barang yang memenuhi standar dengan diberlakukannya SNI. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk membeli barang SNI. Hal itu dibuktikan dengan tingginya minat beli barang murah berbentuk bagus tanpa logo SNI. Kejadian ini tentu sangat mengiris hati mengingat barang yang belum lolos SNI bisa membahayakan kesehatan. Tidak hanya itu, barang yang belum SNI juga kerap kali mencemari lingkungan. Faktor-faktor seperti inilah yang harus disebarluaskan agar masyarakat membeli barang yang sudah jelas aman digunakan, ditandai dengan logo SNI. Jasa sertifikasi SNI juga pasti memberikan logo, nomor, dan sertifikat jika memang produk tersebut layak.